Love Is Cinta


love-you
Cinta adalah salah satu dari sejumlah emosi dan pengalaman yang berkaitan dengan rasa kasih sayang yang kuat [1] dan lampiran. Kata cinta dapat merujuk kepada berbagai perasaan yang berbeda, negara bagian, dan sikap, mulai dari generik kesenangan ( “Aku suka makan”) untuk intens atraksi antarpribadi ( “Aku cinta pacarku”). Keragaman ini menggunakan dan makna, dikombinasikan dengan kompleksitas perasaan yang terlibat, membuat cinta sangat sulit untuk secara konsisten mendefinisikan, bahkan dibandingkan dengan negara-negara emosional.
Sebagai konsep abstrak, cinta biasanya mengacu pada yang mendalam, perasaan tak terlukiskan lembut merawat orang lain. Bahkan konsepsi terbatas ini cinta Namun, meliputi kekayaan perasaan yang berbeda, dari hasrat dan keintiman romantis cinta kepada non-seksual kedekatan emosional kekeluargaan dan platonis cinta [2] untuk kesatuan yang mendalam atau pengabdian cinta agama. [3 ] Love dalam berbagai bentuknya bertindak sebagai fasilitator utama dan hubungan interpersonal, karena pentingnya psikologis pusatnya, adalah salah satu tema yang paling umum dalam seni kreatif.

Pengertian
Kata Inggris “cinta” yang dapat memiliki berbagai terkait tetapi arti yang berbeda dalam konteks yang berbeda. Sering kali, bahasa lainnya menggunakan beberapa kata-kata untuk mengungkapkan beberapa konsep yang berbeda bergantung inggris terutama pada “cinta” untuk merangkum; salah satu contoh adalah pluralitas kata Yunani untuk “cinta.” Perbedaan budaya dalam cinta mengkonseptualisasikan ganda sehingga membuatnya sulit untuk menetapkan definisi universal apapun. [4]
Meskipun sifat atau esensi dari cinta adalah topik yang sering diperdebatkan, aspek-aspek yang berbeda dari kata dapat dijernihkan dengan menentukan apa yang bukan cinta. Sebagai ungkapan umum sentimen positif (bentuk yang lebih kuat seperti), cinta umumnya kontras dengan kebencian (atau netral apatis); sebagai kurang seksual dan emosional lebih intim romantis bentuk lampiran, cinta umumnya kontras dengan nafsu; dan sebagai hubungan interpersonal dengan nada romantis, cinta adalah umumnya kontras dengan persahabatan, meskipun definisi lain dari kata cinta dapat diterapkan untuk menutup persahabatan dalam konteks tertentu.
Ketika dibahas dalam abstrak, cinta biasanya mengacu pada cinta antarpribadi, sebuah pengalaman yang dirasakan oleh seseorang untuk orang lain. Cinta sering melibatkan merawat atau mengidentifikasi dengan seseorang atau sesuatu, termasuk diri sendiri (bdk. narsisme).
Selain perbedaan lintas budaya dalam memahami cinta, ide-ide tentang cinta juga sangat banyak berubah dari waktu ke waktu. Beberapa sejarawan tanggal konsepsi modern cinta romantis untuk sopan Eropa selama atau setelah Abad Pertengahan, meskipun sebelum adanya lampiran romantis dibuktikan oleh puisi cinta kuno. [5]

Dua tangan membentuk garis besar bentuk hati.
Karena kompleks dan abstrak sifat cinta, wacana tentang cinta biasanya dikurangi menjadi pikiran-terminating klise, dan ada sejumlah peribahasa umum tentang cinta, dari Virgil’s “Cinta mengalahkan segalanya” untuk The Beatles ‘ “Yang Anda butuhkan adalah cinta. ” Bertrand Russell menggambarkan cinta sebagai syarat untuk “nilai mutlak,” sebagai lawan dari nilai relatif. Filsuf Gottfried Leibniz mengatakan bahwa cinta adalah “yang akan senang dengan kebahagiaan orang lain.” [6]

Cinta Antarpersonal

Cinta interpersonal mengacu kepada cinta antara manusia. Ini adalah sentimen yang lebih kuat daripada suka yang sederhana bagi orang lain. Cinta tak berbalas mengacu pada perasaan cinta yang tidak terbalas. Interpersonal cinta yang paling erat terkait dengan hubungan interpersonal. Cinta semacam itu mungkin ada di antara anggota keluarga, teman, dan pasangan. Ada juga sejumlah gangguan psikologis yang berhubungan dengan cinta, seperti erotomania.
Sepanjang sejarah, filsafat dan agama telah melakukan hal yang paling spekulasi pada fenomena cinta. Pada abad terakhir, ilmu psikologi telah menulis banyak pada subjek. Dalam beberapa tahun terakhir, ilmu-ilmu psikologi evolusioner, evolusi biologi, antropologi, ilmu saraf, dan biologi telah ditambahkan ke pemahaman tentang sifat dan fungsi cinta.

This article is taken from….
http://en.wikipedia.org/wiki/Love

love-you

2 responses to this post.

  1. Di sini ada kutulis ragam cinta dgn cara sederhana.
    http://tertiga.wordpress.com/2009/06/09/cinta-sayang-suka/
    Dekat dgn itu ada juga ragam cermin dan ragam kemaluan.

    Kemon!

    UNTUK SOBAT- SOBAT
    YG SUKA SAYANG CINTA

    Di kala kau mencinta,
    Bagai ingin memilikinya,
    Itu lah yang namanya suka.

    Di kala kau amat mencinta,
    Ketika dia mencintaimu,
    Itu namanya sayang.

    Di kala kau mencinta,
    Walau dia bawel melulu,
    Ini lah namanya cinta kasih.

    Itu lah nama-namanya
    Dlm hobi, bisnis, niscaya;
    Ada suka, sayang dan cinta.

    Suka itu Cikar, yailah cinnta-karena.
    Sayang itu Cikal, yailah cinta-jikalau.
    Cinpun itu ialah cinta walau pun.

    Ya,
    Cinta yang tanpa pamrih;
    “Kasih Ibu Kepada Beta
    Bagai Sang Surya Menyinari Dunia”
    //////////|\\\\\\\\\\
    Cinta itu emang memberi, bukan menerima.
    Cinta itu emang berserah, bukanlah beroleh.
    Cinta itu emang damai, bukan adil, gituloh;
    Karena cinta itu surgawi,
    Bukan duniawi,
    Gituloh lagi!
    !!!!!!!!!!!!!!
    Jadi Blue,
    Cobalah berpikir tiga,
    Dengan cinta yang esa,
    Kreta tak brengsek lama.

    Salam Pikir Tiga!

    Reply

  2. Sobat,

    Tulisan yang menarik! Untuk referensi tambahan, silakan baca Menumbuhkan Cinta Pada Diri Sendiri di blog saya. Semoga bisa membantu perenungannya.

    Salam kenal juga!

    Lex dePraxis

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: