CPNS Gunungkidul link


www.cpns.gunungkidulkab.go.id

Gunungkidul, 23/10 (Antara/FINROLL News) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menerapkan persyaratan yang lebih ketat pada pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009 dibanding tahun lalu.

“Pemerintah kabupaten akan memperketat batasan umur, menyelenggarakan tes tertulis yang kompeten, serta syarat nilai minimal yang lebih tinggi dibanding tahun lalu. Pemkab Gunungkidul tak lagi hanya menetapkan syarat asal lulus dari jenjang pendidikan tertentu, namun nilai yang dimiliki pendaftar akan menjadi pertimbangan utama,” kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gunungkidul Khrysna Hariatmo di Wonosari, Jumat.

Ia mengatakan pendaftaran CPNS dimulai pada 27 Oktober. Lulusan strata satu (S1) atau sarjana yang boleh mendaftar adalah mereka yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 2,75.

“Nilai IPK minimal tersebut lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya 2,5, sedangkan aturan syarat IPK tersebut berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN),” katanya.

Menurut dia, tinggi dan rendahnya nilai IPK seseorang memang tidak bisa dijadikan tolak ukur kepandaian atau kemampuan seseorang. Tetapi paling tidak, hal itu bisa dijadikan acuan tahapan awal dalam proses seleksi CPNS Gunungkidul.

“Selain syarat minimal IPK, pendaftar masih harus menjalani tes tertulis dan wawancara,” katanya.

Ia menyatakan pemerintah kabupaten banyak belajar dari pengalaman beberapa tahun sebelumnya, yaitu syarat masuk CPNS atau pegawai honorer daerah di lingkungan Pemkab terlalu mudah.

“Tidak ada kriteria kualifikasi pendidikan yang ketat, seleksi dan tes yang dilakukan juga dinilai kurang kompeten sehingga sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan tidak optimal,” katanya.

Menurut dia, masih banyak pegawai negeri yang tidak kompeten di bidangnya sehingga urusan administrasi maupun pelaksanaan pelayanan masyarakat tidak berjalan optimal.

“Pegawai honorer daerah yang ada di Pemkab Gunungkidul saat ini masih banyak yang memiliki kompetensi rendah. Kondisi tersebut tidak boleh terulang lagi untuk tahun mendatang,” katanya.

Oleh karena itu, kata Khrysna, pemerintah kabupaten akan berusaha menerapkan batas minimal kecerdasan pendaftar, salah satu indikator untuk mengukur kecerdasan adalah syarat minimal nilai IPK dan penyelenggaraan tes tertulis yang memiliki kompetensi.

“Seperti yang telah disosialisasikan sebelumnya, pendaftaran CPNS akan menggunakan sistem `online`. Badan Kepegawaian Daerah Gunungkidul telah melakukan simulasi sistem itu dan menuai hasil baik sehingga sistem pendaftaran `online` dapat dilaksanakan,” katanya

Ia menyatakan, sistem informasi penerimaan CPNS Gunungkidul bisa diakses di situs resmi milik pemerintah kabupaten, yakni di alamat situs http://www.gunungkidulkab.go.id.

“Setiap calon pendaftar harus mengakses situs tersebut itu untuk melakukan registrasi, mengisi biodata dan memilih formasi yang diminati. Setelah selesai, ia akan mendapatkan nomor peserta dalam bentuk `soft copy`. Setelah itu soft copy nomor itu harus diceta untuk kemudian dibawa pada saat pelaksanaan tes untuk melengkapi persyaratan administrasi lain,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: